Penyebab Motor Listrik Panas

By | Juli 30, 2020
penyebab suhu motor listrik panas

APA PENYEBAB MOTOR LISTRIK PANAS ?

Motor listrik merupakan salah satu komponen penting dalam mekanisme penggerak. Komponen ini sering dijumpai pada elemen mesin yang mengalami pergerakan maupun perputaran. Motor lisrik biasanya digunakan untuk menggerakan mekanisme pompa, convetor maupun blower. Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing berbagi pengalaman tentang penyebab motor listrik panas.

Motor listrik adalah alat yang digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Terkadang motor listrik juga disebut dinamo oleh sebagian orang tertentu. Motor listrik ini sangat sering digunakan pada industri permesinan. Banyak tipe dan spesifikasi yang dihadirkan guna memenuhi kebutuhan industri. Seperti contoh motor listrik untuk kebutuhan penggerak pompa dan lain sebagainya. Motor listrik memiliki satuan daya horse power (HP) dan kilo watt (KW), bersarnya daya ini dapat disesuaikan untuk kebutuhan yang diperlukan. Nah, apa yang akan terjadi bila daya motor tidak sesuai dengan kebutuhan ?

mengatasi ampere dinamo tinggi
Penyebab Motor Listrik Panas

Lalu apa saja penyebab suhu motor listrik panas ?

  1. Kapasitas daya tidak sesuai dengan beban. Bila beban terlalu berat dan kapasitas daya motor listrik yang kecil akan cenderung menghasilkan ampere di atas standar motor. Hal ini dapat menyebabkan penambahan suhu yang tinggi pada motor listrik. Bila ampere motor listrik melebihi standar dan dipaksa untuk dijalankan, maka sangat beresiko motor listrik terbakar.
  2. Gulungan kumparan sudah mulai rusak. Lamanya pemakaian dan kurangnya perawatan dapat memperpendek usia motor listrik. Motor listrik memiliki kelas – kelas tersendiri terkait dengan kemampuan dalam bekerja dikondisi suhu tertentu. Nah bila gulungan kumparan sudah rusak, sudah saatnya untuk menggulung ulang dan mengganti kawat sesuai standar motor tersebut.
  3. Bearing seret atau rusak. Bearing adalah bantalan yang digunakan untuk menjaga putaran poros motor listrik. Bila bearing seret tentu akan menambah beban motor tersebut. Semakin berat beban akan menambah tinggi ampere motor listrik. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, motor listrik yang berjalan dengan ampere melebihi standar akan berdampak pada peningkatan suhu motor tersebut.
  4. Kipas pendingin rusak. Setiap motor listrik umumnya terdapat kipas pendingin pada bagian belakangnya. Kipas ini berputas saat motor listrik bekerja. Bila kipas pendingin ini rusak dan pecah, tentu proses pendinginan tidak dapat maksimal dan menjadi penyebab suhu motor listrik panas.
  5. Putaran motor listrik tidak balance. Hal ini dapat disebabkan oleh pulley yang tidak dibalancing maupun poros motor listrik yang bengkok. Tidak balance nya putaran juga dapat meningkatkan ampere dan menyebabkan motor listrik menjadi naik.

baca juga : penyebab ampere motor tinggi

Ke lima faktor tersebut merupakan hal yang pernah saya jumpai dilapangan, namun bila anda ada masukan dan faktor lainnya silahkan masukkan komentar agar kita semua mendapat manfaatnya. Semoga sharing singkat ini dapat bermanfaat bagi saya dan bagi siapapun yang membacanya. Salam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *