Pan Granulator Pembuat Granulasi Pupuk

By | Februari 20, 2024
pan granulator pembuat granulasi pupuk

Dalam proses pengolahan pupuk organik maupun pupuk NPK, material pupuk yang berbentuk tepung yang telah homogen akan dibentuk menjagi butiran – butiran atau granulsasi. Mesin pan granulator ini berfungsi untuk membuat granulasi atau butiran material dari serbuk menjadi butiran yang lebih besar dengan proses granulasi. Kerja mesin ini cukup sederhana, dengan memutar piringan sebagai nampan material. Putaran mesin tersebut terjadi karena adanya tenaga putar dari gear box, gear box berputar karena adanya putaran dari motor listrik. Material yang berputar pada piringan atau drum granulator tersebut, akan membentuk gumpalan kecil atau butiran material. Dengan pencampuran air sedikit untuk daya rekat, gumpalan material akan terbentuk dengan cepat. Material yang telah terbentuk akan berlanjut ke proses pengeringan, bila memang membutuhkan hasil akhir dengan kekeringan tertentu.

Fungsi Pan Granulator Dalam Pembuatan Pupuk

Mesin pan granulator adalah salah satu mesin proses dalam pengolahan pupuk yang berkapasitas besar. Mesin ini memiliki fungsi membuat butiran (granule) pada material olahan pupuk. Bahan baku pupuk yang terdiri dari berbagai jenis material akan bercampur, material yang telah homogen tersebut berlanjut ke proses granulasi. Nah, pada proses granulasi ini serbuk material yang homogen tadi akan terbentuk menjadi butiran (granule) oleh mesin pan granulator ini. Proses pembentukan butiran (granule) ini akan lebih mudah dan cepat dengan mesin ini. Kapasitas mesin dapat menyesuaikan dengan kebutuhan produksi industri setempat, maka semakin besar kapasitas tentu akan semakin besar dimensi mesin terserbut. Sehingga sebelum menentukan ukuran mesin ini, harus tau seberapa kapasitas produksi industri setempat.

Mafaat Penggunaan Mesin Granulator

  1. Konstruksi mesin cukup sederhana, yaitu dengan memutar piringan atau nampan dan memutarnya menggunakan motor penggerak. Dengan mekanisme seperti ini, proses perawatan akan lebih mudah untuk melakukannya.
  2. Sangat mudah pengoprasiannya, operator tinggal menaruh material serbuk pada nampan granulator dan menunggu sampai proses pembentukan granulasi selesai. Material yang sudah berbentuk granulasi dapat kembali berpindah ke tahapan proses selanjutnya.
  3. Butiran granulasi yang terbentuk maksimal, dengan putaran pelan dan stabil akan menghasilkan granulasi yang lebih rata dan maksimal.
  4. Kapasitas yang besar dengan waktu yang cukup singkat. Apabila kebutuhan produksi tinggi, mesin ini sangat cocok untuk proses granulasi berkapasitas besar.

Proses pembuatan mesin granulasi pembuat butiran ini menggunakan material besi dengan desain yang tertentu. Ukuran mesin dapat menyesuaikan dengan kapasitas industri setempat, maka perlu pengetahuan tentang output produksi pada industri setempat. Pada proses pengolahan pupuk industri, mesin ini biasanya berada pada tahapan awal proses setelah proses pencapuran material. Setelah proses pencampuran material (mixing) material akan berlanjut pada proses granulasi. Bila setelah proses granulasi selesai dan menginginkan material dengan kekeringan tertentu, maka akan berlanjut ke proses pengeringan (dryer). Untuk mesin pengering material granulasi dapat menggunakan mesin rotary dryer, mesin tersebut juga sudah pernah saya ulas pada posting sebelunya.

Cara Kerja Mesin Pan Granulator

  1. Pastikan kabel power sudah terpasang dengan aman dan benar.
  2. Hidupkan mesin dengan menekan tombol ON pada panel kontrol.
  3. Masukkan material yang sudah homogen ke dalam nampan atau drum granulator.
  4. Lakukan pengaturan spray air secukupnya sebagai perekat material.
  5. Apabila proses granulasi sudah merata dan sempurna, pindah material ke wadah atau conveyor yang menghubungkan mesin granulasi ke mesin pengering.

Saat pengolahan material biasanya muncul polusi atau pencemaran udara pada area produksi. Apabila debu polusi ini dibiarkan begitu saja, tentu lama – kelamaan akan membuat kotor area industri setempat. Untuk mengatasi masalah polusi industri tersebut, perlu adanya dust collector system sebagai tambahan pengontrol polusi udara di area produksi. Apabila anda membutuhkan mesin pan granulator dan mesin pengolah pupuk lainnya, silahkan datang ke tempat kami CV. Pandawa Design atau hubungi nomor yang telah kami cantumkan pada bagian kanan bawah.

Semoga ulasan tentang mesin proses industri ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi siapapun yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *