Proses Pengeringan Kayu

By | April 23, 2023
proses pengeringan kayu

Proses pengeringan kayu atau biasa disebut drying process adalah suatu proses pengeluaran kadar air dalam kayu hingga mencapai kadar air yang seimbang. di mana kayu tersebut akan melalui proses pemotongan dan pembentukan. Proses ini akan memakan waktu cukup lama tergantung dari sifat kayu terhadap pengeringan. Bila proses mengeringkan kayu benar dan tepat akan membebaskan kayu dari berbagai macam gangguan jamur hingga membuat kayu lebih kuat dan tahan lama. Proses ini harus menjadi perhatian saat menjalankan mesin kiln dry atau oven kayu.

Ada beberapa tahapan yang harus menjadi perhatian yang sangat dalam mengeringkan kayu. Hal ini sangat penting, karena bila terjadi kesalahan dalam tahap pengeringan akan merusak kayu. Terlebih lagi akan mengakibatkan kerugian yang cukup besar karena kerusakan produk. Maka dari itu saat mengeringkan kayu harus mengetahui tahapan – tahapan pengeringan, agar produk kayu dapat kering dengan sempurna sesuai target kebutuhan pasar.

TIGA TAHAP PROSES PENGERINGAN

Proses pengeringan kayu pertama adalah asal mula kayu sebelum mengalami pengeringan. Green timber merupakan fase semua sell kayu penuh dengan air dan kandungan airnya (MC) jauh lebih tinggi dengan kelembaban relatif (RH) udara di sekitarnya. Kondisi demikian biasa terjadi saat kayu baru saja mengalami proses penebangan dan pemotongan. Pori – pori dari kayu masih penuh dengan air sehingga kondisi ini adalah kondisi kayu basah.

Proses kedua ini merupakan proses lanjutan dari proses pengeringan kayu. Pada proses ini kayu mengalami proses heating up atau proses permulaan pemberian panas. Sel – sel pada permukaan kayu akan mengalirkan air ke udara di sekitar kayu hingga proses pengeringan dimulai. Biasanya pada proses ini kelembaban udara sangan tinggi. Sehingga biasanya damper pada mesin kiln dry atau oven kayu sering terbuka pada tahapan ini.

Pada proses ke tiga ini air di bagian dalam kayu tersedot ke sel bagian luar kayu. setelah hal itu terjadi, air akan menguap ke udara. Proses ini akan terjadi sampai keseimbangan (equilibrium) penuh tercapai. Lamanya proses pengeringan kayu ini tergantung jenis dan karakter dari kayu. Setiap kayu memiliki drying schedule yang berbeda – beda. Sehingga perlunya pengetahuan tentang karakter dari jenis – jenis kayu sebelum masuk ke pengeringan.

Schedule Pengeringan Kayu

Schedule pegeringan kayu atau drying schedule adalah jadwal pengeringan kayu dari awal sampai proses pengeringan selesai. Drying schedule setiap kayu berbeda – beda menyesuaikan jenis dan karakter dari kayu tersebut. Sehingga perlunya pengetahuan sebelum menjalankan pengeringan agar hasil produk maksimal sesuai target pasar.

Bila anda ingin berkonsultasi tentang dryer dan membuat kiln dry atau alat oven kayu, silahkan hubungi kami. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang dunia kayu.

4 thoughts on “Proses Pengeringan Kayu

  1. Cyinthia Widhia Sefi

    Bagaimana jadwal pengeringan kayu yang baik untuk jenis jati, mahoni, dan mindi?

    Reply
    1. admin Post author

      Masing – masing kayu memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga beda kayu beda pula schedule pengeringannya. Mungkin bisa diinfo terlebih dahulu, spesifikasi kiln dry yang digunakan. Sehingga dapat menggunakan schedule pengeringan yang tepat.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *