Rotary Dryer Pengering Serbaguna

By | Februari 18, 2024
rotary dryer pengering serbaguna

Rotary dryer merupakan mesin pengering dengan perinsip rotasi putara pada drum dryer. Rotary dryer juga merupakan mesin pengering serbaguna yang dapat digunakan untuk mengeringkan berbagai macam material. Material seperti olahan pupuk organik, pupuk NPK, pasir silika, semen, serbuka kayu dan material lainnya, dapat menggunakan rotary dryer pengering serbaguna ini guna menurunkan kadar air dalam material tersebut. Mesin ini memiliki bentuk drum silinder memanjang yang berputar sesuai kebutuhan industri setempat. Semakin besar dan panjang ukuran drum, akan semakin besar pula kapasitas output mesinnya. Dengan kombinasi sirip pada permukaan dalam drum dyer, proses pengeringan material dapat lebih merata.

Kinerja Rotary Dryer Pengering Serbaguna

Suhu atau temperatur pada mesin rotary dryer ini dapat menyesuaikan dengan kebutuhan industri. Misalkan pada industri pupuk NPK, hanya membutuhkan temperatur 40 derajat sampai 60 derajat saat proses pengeringan berlangsung. Temperatur yang berlebihan pada dryer akan merusak konten materian, sedangkan bila temperatur terlalu rendah juga menyebabkan material tidak kering. Sehingga kebutuhan panas dryer pada suatu industri harus menyesuaikan dengan produk material industri setempat.

Keunggulan rotary dryer dibandingkan dengan mesin dryer lainnya.

  1. Pengoprasian yang mudah, dengan adanya panel kontrol yang dapat mengatur kinerja mesin rotary dryer. Operator dapat mengoprasikan mesin tersebut dengan sangat mudah.
  2. Efisiensi yang tinggi, hembusan panas yang langsung masuk ke drum membuat efisiensi kalori yang tinggi dengan bahan bakar yang cukup hemat.
  3. Bentuk mesin yang ringkas dan kokoh, bila dibangdingkan dengan bed dryer atau mesin dryer lainnya. Tentu mesin rotary dryer ini memiliki struktur yang cukup ringkas. Sehingga cukup banyak industri yang menggunakan mesin tersebut.
  4. Perawatan yang ringan, desain rotary dryer yang memanjang dengan bantalan roda di bawahnya menjadikan mesin ini minim pewarawatan.
  5. Dapat mengeringkan berbagai macam material, di antaranya semen, olahan pupuk organik, pupuk NPK, semen, pasir, serbuk kayu dan material tepung lainnya.
  6. Hasil pengeringan sangat rata, karena material yang dikeringkan terus bergerah seiring putaran mesin rotary dryer. Sehingga proses pengeringan dapat merata dan sempurna.
  7. Mengontrol kekeringan dengan maksimal, panas rotary dryer dapat menyesuaikan kebutuhan industri. Sehingga kekeringan bisa sesuai dengan target kadar air.
  8. Bahan bakar yang murah, rotary dryer dengan tungku ini dapat menggunakan bahan bakar batu bara untuk temperatur tinggi. Selain itu juga dapat menggunakan bahan bakar kayu untuk temperatur sedang.

Prinsip kerja rotary dryer

Drum atau pipa silinder terpasang horizontal dengan kemiringan beberapa derajat sesuai kebutuhan pengeringan. Material basah akan masuk melalui corong input yang berada di atas rotary drayer. Lalu drum atau pipa silinder akan berputas sesuai porosnya dengan rasio standar pengeringan. Material basah yang masuk ke dalam drum atau pipa silinder akan berjalan perlahan karena kemiringan dan pengaturan sirip pada permukaan dalam drum. Bersamaan dengan itu, udara panas dari tungku juga mengalir di dalam drum atau pipa silinder. Sehingga material sudah kering saat keluar dari corong output rotary dryer. Lamanya proses pengeringan pada drum atau pipa silinder dapat menyesuaikan dengan material dan harus melakukan perhitungan yang tepat. Agar proses pengeringan material dapat berjalan dengan baik. Suhu pengeringan juga dapat menyesuaikan material, umumnya menggunakan suhu 40 derajat sampai 200 derajat yang menyesuaikan dengan kebutuhan industri setempat.

Arah aliran udara panas yang berada dalam drum atau pipa silinder juga menyesuaikan material olahan. Pada material olahan yang sangat sensitif dengan panas, arah aliran udara panas searah dengan lajunya material. Sedangkan untuk material olahan yang memerlukan perlakuan panas tinggi, arah aliran udara panas berlawanan dengan laju material.

Tipe Rotary Dryer Pengering Serbaguna

  1. Type Direct Rotary Dryer, udara panas yang berada pada tungku akan mengalir langsung ke dalam drum atau pipa silinder. Sehingga material berkontak langsung dengan panas dari tungku pembakaran.
  2. Type Indirect Rotary Dryer, udara panas tidak berkontak langsung dengan material. Udara panas dihasilkan dari uap panas dari steam boiler yang mengalir di luar permukaan drum atau pipa silinder.

Bila anda membutuhkan mesin rotary dryer pengering serbaguna tersebut, silahkan datang ke tempat kami CV. Pandawa atau hubungi kontak kami yang telah tercantum pada kolom pojok kanan bawah. Banyak mesin industri yang telah kami produksi. Berikut ini contoh rotary dyer yang pernah kita buat, simak video ini selengkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *